Jumat, 01 April 2011

Hanbok: Traditional Clothes of Korea

Hallo everyone.....
balik lagi dengan info tentang Korea nieh....!!!hehee....
 
Temen-temen K-Pop lovers pasti udah ga asing lagi sama yang namanya hanbok?! ya dong secara kalian udah sering liat di drama2 Korea n mungkin di antara kalian udah pernah make hanbok. tapi mungkin bagi temen2 yang bukan K-Pop lovers ga tau apa itu hanbok. oke, aku kasi tau y. Hanbok adalah pakaian tradisional Korea. Hanbok berasal dari kata "Han" dan "Bok". han adalah sebutan Korea (Hanguk), sedangkan bok artinya pakaian. Jadi, secara harfiah orang Korea pun sebenarnya hanya menyebut pakaian mereka sebagai “pakaian Korea”. Nah, di bawah ini adalah gambar hanbok.



Orang Korea sangat bangga terhadap hanbok sebagai identitas pakaian tradisional mereka. ada sedikit perbedaan penyebutan nama pakaian ini antara Korea Selatan dengan Korea Utara. Orang Korea Utara menyebut Hanbok sebagai  “Jeoseon ot” (저선 옷). Ini tidak mengherankan, karena, pakaian tradisional Korea yang paling terkenal adalah pakaian yang berkembang di zaman dinasti Jeoseon, dinasti terakhir Korea. Sebelum masa dinasti Jeoseon, hanbok lebih rumit dan tidak praktis untuk dikenakan saat melakukan pekerjaan sehari hari.  Karakteristik yang menjadi keunggulan hanbok adalah potongan siluetnya yang simpel dan warna-warnanya yang atraktif, cerah dan indah. Selain itu hanbok juga tidak memiliki saku. Sampai saat ini orang Korea masih menggunakan hanbok pada upacara atau hari besar, seperti Chuseok atau Seol-nal (hari Imlek), pernikahan, dan bahkan hanbok masih digunakan sehari-hari oleh orang-orang lansia.

Bagian-bagian Hanbok 

 
bagian-bagian dari hanbok adalah sebagai berikut :
1. Jeogori: ialah bagian atas dari hanbok ( baju ).Untuk hanbok laki-laki ukurannya lebih besar dan simple, sedangkan untuk wanita agak pendek dan ditandai garis lengkung  dan dekorasi yang lembut.

2. Deong Jong : yaitu kerah yang berwarna putih .

3. Otgoreum (Cloth Strings):  adalah pita yang dipakai pada hanbok untuk wanita, yang melintang hingga ke Rok ( chima ).

4. Chima : adalah rok bulat mengembang dan panjangnya  dari dada hingga kaki. Ada berbagai macam jenis chima, ada yang lapisan tunggal dan ada juga yang double.

5. Pattern:  susunan gambar atau garis  dan juga perpaduan warna.  
  
Bagian-bagian hanbok pada pria dan wanita sama, tetapi terdapat perbedaan pada jeogori. Bagi pria, ukurannya sepanjang pinggang bahkan lebih panjang. Namun, seperti halnya Jeogori untuk wanita, untuk mengaitkan pakaian antara kanan dengan kiri, diikatkan dengan pita (otgoreum) di depan dada. Hal yang paling penting dalam pembedaan hanbok pria dan wanita adalah cara penyimpulan pita. Coba kalian perhatiin, penyimpulan pita di hanbok wanita menyisakan bagian sisa yang lebih panjang hingga menjuntai, dan simpul berada di sebelah kiri. Sedangkan untuk pria, tak ada bagian sisa yang menjuntai.

 
Pada laki-laki terdapat baji atau celana, sebelum zaman Jeoseon, bentuknya menyempit dan mengikuti lekuk tubuh untuk memudahkan aktifitas berburu dan berkuda. Namun, di masa Jeoseon yang bidang agrarisnya lebih ditekankan, celana longgar semacam model baggy lebih nyaman digunakan. Baji pun lebih nyaman digunakan untuk berjongkok dan bersila di atas lantai, daripada celana yang ketat.

Pria Korea juga biasa menggunakan topi saat memakai hanbok, yang disebut dengan gat.
Nah, itu dia hanbok. apa temen2 ada yang berminat memakai hanbok?? kalau aq pengen bgd apa lagi klo makenya di Korea....hehehee....



Tidak ada komentar:

Posting Komentar