Rabu, 23 Maret 2011

RETOUCHING DENGAN ADOBE PHOTOSHOP


Hallo my friends,,,,
WELCOME TO MY BLOG. I hope u enjoy with my blog. This is my first entry and I want to share about editing photos with software adobe photoshop……!



oke skrg pake indo aja ya. Hehee…..! disini aku maw jelasin cara retouching ato mengedit ulang pada foto digital. Pasti temen-temen udah pada sering ngedit2 foto pake adobe photoshop kan? Ato ada yang pengen ngedit foto tapi ga tau cara ngeditnya n masih bingung make software ini? Bagi yang udah bisa aku mau jelasin lagi detailnya n bagi yg belum bisa baca baik-baik n resapi ya langkah-langkahnya …..

oke lngsung aja aku kasi tau cara retouching di adobe photoshop biar foto kamu makin keren……!!



Langkah 1

kita buka aplikasi adobe photoshop di laptop ato computer kita. Oia, cara retouching ini bisa pake adobe photoshop yang versi berapa aja.

Langkah 2
Buka file foto yang mau kamu retouch. Cara nya file-open lalu cari foto yang mau di retouch, lalu klik open. foto yang kamu pilih akan muncul pada lembar kerja adobe photoshop.
 
 


Langkah 3
Duplicate foto menjadi 3 kali sehingga pada box layer ada 4 layer. Utk menduplikat layer dapat dilakukan dengan mengklik kanan pada box layer background ato tekan (Ctrl+j).  lalu berikan nama pada duplicate tersebut contohnya layer 1, layer 2 dan layer 3.

Langkah 4
Ubah layer 1 yang tadinya normal menjadi multiply, layer 2 menjadi lighten dan layer 3 menjadi screen. Lihat gambar di bawah ini. 



Langkah 5
Ubah fill layer 1 yang tadinya 100% menjadi 40%, layer 2 35% dan layer 3 25%. Lihat gambar di atas.

Langkah 6
Gunakan filter-blur-gaussian blur dengan radius 8 utk layer 1, filter-blur-gaussian blur dengan radius 6 untuk layer 2, dan filter-blur-gaussian blur dengan radius 14 utk layer 3.




Langkah 7
Setelah gambar terlihat agak buram, hapus bagian mata, alis dan bibir pada layer 1, layer 2, dan layer 3. Hapus menggunakan brush yang lembut dan rapi. Langkah ini dilakukan agar mata, alis dan bibir terlihat lebih jelas. Penghapusan dimulai pada layer 1, kemudian diikuti oleh layer 2 dan layer 3.
Langkah 8
Satukan semua layer dengan memilih menu layer-flatten image.

Langkah 9
Untuk mengatur cahaya kita gunakan level Ctrl+L atau pilih menu image-adjustments-level atur level sesuai kebutuhan. 


Langkah 10
Lalu berikan curves dengan cara Ctrl+M atau pilih menu image-adjustments-curves atur intensitas warna sesuai kebutuhan.

Langkah 11
Berikan selective color dengan cara pilih tab image-adjustments-selective color dan pilih warna putih lalu berikan intensitas -10 pada bagian black (tidak diharuskan memilih warna putih, warna dapat dipilih sesuka hati mu). Pilih absolute pada method, lalu klik ok.



Foto telah selesai diedit, hasilnya adalah sebagai berikut. foto yang telah diedit terlihat lebih bersih dan terang.


Bandingkan hasilnya sebelum dan sesudah diedit.

Selamat mencoba ya kawan. Semoga berhasil....!!!^^
Source : 1 jam mahir photoshop CS3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar